IMPLEMENTASI METODE INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

  • Nuraini Nuraini IAIN Lhokseumawe
Keywords: Metode Inquiri, Komunikasi Matematis

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu keterampilan yang dituntut dalam tujuan pembelajaran matematika. Memiliki kemampuan komunikasi matematis merupakan perwujudan dari penguasaan terhadap konsep-konsep matematika setelah proses pembelajaran dilaksanakan.Pemilihan metode pembelajaran yang tepat menjadi salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Melalui metode inqury diyakini siswa akan belajar lebih bermakna, sehingga mampu mengkomunikasikan kembali apa yang sudah dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa kemampuan kemampuan komunikasi matematis siswa di SMPN 1Tanah Pasir yang yang diajarkan melalui metode inquiry lebih baik dari pada yang diajarkan secara konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes kemampuan komunikasi yang disusun sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematis.Pengambilan sampel dilakukan secara acak kelas diSMP Negeri 1 Tanah Pasir yang terdiri dari empat kelas,  sampel yang terpilih adalah dua kelas. Sampel yang terpilih adalah adalah kelas IX-3 sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-4 sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial uji Student (uji t). Sebelum uji t digunakan terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan uji normalitas dengan taraf signifikansi 5%, dan hasil uji homogenitas menunjukkan kedua kelas mempunyai keseragaman variansi yang sama. Selanjutnya pada uji normalitas postes data kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis (uji t) diperolehthitung = 2,01 dan    ttabel =1,68. Dengan demikian  thitung> ttabel, yaitu 2,01> 1,68 dengan  yang berarti tolak Ho dan terima Hasehingga dapat disimpulkan bahwa “kemampuan komunikasi matematis siswa di SMPN 1Tanah Pasir yang diajarkan melalui metode inquiry lebih baik dari pada yang diajarkan secara konvensional.”

References

Arikunto S,(2002) Prosedur Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta:Rineka Cipta.
Bansu I.A, (2009), Komunikasi Matematik, Banda Aceh:Yayasan Pena Banda Aceh.
Daryanto, (1999), Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional, (2006), Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika, Jakarta: Depdiknas.
Firmansyah, Pentingnya Matematika dalam Kurikulum 2013, Diakses pada Tanggal 11 Agustus 2016 dari www.sman1subang.sch.id/html/index.php?id=artikel&kode=32.
Istarani, (2012), 58 Model Pembelajaran Inovatif . Medan: Media Persada.
Mulyasa, (2006)Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riduwan, (2007)Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti PemulaBandung: Alfabeta.
Roestiyah N.K, (2000),Strategi Belajar Mengajar, Salah Satu Unsur Pelaksanaan Strategi Belajar Mengajar: Teknik Penyajian, Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, (2002), Metode Statistika, Edisi ke 6, Bandung : Tarsito.
, (1998), Pengajaran Untuk Sekolah Menengah, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Diktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Sudjana N, (1998),Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar Cet IV, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono, (2007) Metode Penelitian Kuantitaf, Kualitatif, R&D,Bandung: Alfabeta.
Sukardi, (2004)Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata N.S, (2010),Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto, (2010),Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasi Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Bumi Aksara.
Wina. S, (2006),Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Published
2017-12-13
How to Cite
Nuraini, N. (2017, December 13). IMPLEMENTASI METODE INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 1-16. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/100