Strategi Peningkatan Layanan Akademik Berbasis Kinerja Karyawan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Lhokseumawe

  • Nanda Safitri IAIN Lhokseumawe
  • Muhammad Anggung IAIN Lhokseumawe
  • Zulkhairi - IAIN Lhokseumawe
Keywords: Strategi, Layanan Akademik, Kinerja.

Abstract

Fokus penelitian pada strategi dalam meningkatkan layanan
akademik dan bagaimana kinerja karyawan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan IAIN Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan penelitian
lapangan bersifat deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan
melalui teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Prosedur yang
digunakan dalam menganalisis data dengan menggunakan ringkasan
analisis faktor strategis menggunakan teori Dessler yang meliputi
kualitasm, kuantitas, efektivitas, kemandirian dan ketepatan waktu. Subjek
penelitian pada Kepala Sub Bagian Umum Akademik, Pegawai akademik,
dan mahasiswa FTIK. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan
akademik belum menunjukkan stabilitas kinerja yang memuaskan
sehingga diperlukan strategi dalam meningkatkan kinerja. Penyusunan
strategi didahului oleh analisis SWOT. Melalui hasil analisis dapat
diidentifikasi beragam faktor penyebab yang dapat dikategorikan menjadi
dua faktor internal dan eksternal. Faktor internal seperti fasilitas fisik,
kehandalan, keyakinan dan empati. Sedangkan faktor eksternal meliputi
kecenderungan politik dan ekonomi, dukungan stakeholder, dan pernanan
kolaborator dan kompetitor.

Published
2019-12-31