Perencanaan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Simeulue Aceh Melalui Pendekatan Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

  • Didi Sartika Dosen Manajemen Pendidikan Islam STAIN Gajah Putih Takengon
Keywords: Marketing Mix, Strategi Pemasaran, Jasa Pendidikan

Abstract

Penelitian ini mengenai Perencanaan strategi pemasaran jasa pendidikan di
sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Simeulue Aceh dengan tujuan untuk
mengetahui perencanaan strategi pemasaran Sekolah Tinggi dengan
pendekatan bauran pemasaran (Marketing Mix) Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan
wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi sebagai metode
pengumpulan data. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya upaya untuk
menciptakan lembaga pendidikan tinggi Islam yang berkualitas, sehingga
mampu bersaing dengan lembaga pendidikan tinggi lainnya. Pemasaran
jasa pendidikan, dimaksudkan untuk menciptakan kondisi pemasaran
yang kondusif dan stabil, sehingga memberikan dampak yang positif bagi
pihak-pihak yang terlibat dalam proses pemasaran tersebut, (baik pihak
Perguruan tinggi selaku produsen, maupun masyarakat sebagai
konsumen). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di STIT Simeulue
Aceh, strategi pemasaran jasa pendidikanya dilaksanakan melalui
penerapan teori Marketing Mix (produk, harga, tempat, promosi, sumber
daya manusia, bukti fisik, dan proses) dengan memanfaatkan kompetensi
ungulannya. Sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam swasta satu-satunya
di Kabupaten Simeulue Propinsi Aceh ini, berdampak positif dalam
mengembangkan perguruan tingginya sehingga dapat menjadikan
alternative pendidikan Islam baik komunitas muslim berlatar belakang
tradisonal maupun modern, sebagai segmentasi pemasaran jasa
pendidikannya. Namun di sisi lain keberadan STIT Simeulue Aceh yang
masih baru, fasilitas gedung yang masih minim dan jurusan yang dibuka
hanya satu jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) sehingga belum
menjadikannya sebagai pilihan utama konsumen jasa pendidikan. Lebih
lanjut, tulisan ini melihat secara kritis bagaimana perencanaan strategi
pemasaran yang dilakukan oleh STIT Simeulue Aceh dalam meningkatkan
pemasarannya.

Published
2019-12-15