Korelasi Program Tahfidz AL-Qur'an dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Muhammadiyah 2 Langsa

  • Khairatul Ulya Instititut Agama Islam Negeri Langsa
  • Hanna Ermayas SD Muhammadiyah 2 Langsa
  • Aida Wulandari SD Muhammadiyah 2 Langsa

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan/korelasi antara Program tahfidz Al-Qur’an dengan hasil belajar matematika siswa SD Muhammadiyah 2 Langsa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD SD Muhammadiyah 2 Langsa yang berjumlah 353 siswa. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 35 siswa atau 10% dari populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
dokumentasi skor hasil belajar matematika dan tahfidz Al-Qur’an. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment dari Pearson dengan terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yakni uji normalitas dan linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan searah (positif) antara tahfidz Al-Qur’an dan hasil belajar matematika siswa SD Muhammadiyah 2 Langsa dengan korelasi sebesar 6,17. Sumbangan efektif tahfidz Al-Qur’an dengan hasil belajar matematika siswa sebesar 38,1% sedangkan 61,9% ditentukan oleh faktor lain.

Diterbitkan
2021-07-06
Bagian
Articles