Problematika Pembelajaran Daring Di Kelas IV SD NEGERI MENTEL I GUNUNGKIDUL

  • Noven Kusainun UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Arifiani Kurniasih SD Negeri 1 Mentel Gunung Kidul Yogyakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran daring di kelas IV SD Negeri Mentel I Gunungkidul. Situasi dan kondisi saat  pandemi Covid-19 menyebabkan ketidaksiapan guru, siswa, dan orang tua dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran daring adalah 1) kurangnya sosialisasi pembelajaran daring kepada orang tua, 2) ketidaksesuaian tuntutan kurikulum dengan pembelajaran daring masa pandemi Covid-19, 3) guru belum mengoptimalkan kemampuan mengembangkan dan memodifikasi media pembelajaran, 4) sulit
melakukan penilaian sikap dan penilaian autentik, serta 5) kurangnya kerja sama antara orang tua dan guru. Pembelajaran daring dapat berjalan secara efektif jika ada kerja sama dan komunikasi yang baik antara orang tua dan guru.

Diterbitkan
2021-07-05
Bagian
Articles