Analisis Self-Esteem Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Dewantara dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19

  • Mutia Fonna Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Malikussaleh
  • Herizal Herizal Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Malikussaleh
  • Reza Mulyadi Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Malikussaleh
Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Pembelajaran Matematika, Self-Esteem

Abstrak

                ABSTRAK. Perubahan yang terjadi dalam sistem pembelajaran tidak terlepas dari dampak pandemi Covid-19 pada tahun 2020 yang terjadi di negara Indonesia bahkan seluruh dunia. Pandemi tersebut mengakibatkan perubahan yang berdampak bagi siswa dalam berbagai aspek, salah satunya adalah aspek afektif yaitu self-esteem siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dewantara. Perubahan aspek afektif menarik peneliti untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan aspek self-esteem siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dewantara dalam pembelajaran matematika dimasa pandemi Covid-19. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dewantara yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling, adapun yang menjadi sampelnya adalah kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 4 XI MIA 5, dan XI IIS. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuesioner self-esteem. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan  diantaranya tingkat dan self-esteem siswa mayoritas berada pada level sedang.

Diterbitkan
2021-07-07