JABATAN KEPALA SEKOLAH; ANTARA JABATAN ADMINISTRASI ATAU JABATAN POLITIK

  • Ade Kurniawan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
Keywords: Kepala Sekolah, Rekrutmen, Jabatan

Abstract

Jabatan kepala sekolah merupakan jabatan administrasi tertinggi disekolah. Kepala sekolah memiliki peran penting dalam mengkoordinasikan, menggerakkan dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia disekolah guna mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah melalui program-program yang dilaksanakannya secara terencana dan bertahap. Untuk menghasilkan kepala sekolah yang profesional, proses rekrutmen merupakan tahapan penting yang harus dilaksanakan secara profesional, transparan dan akuntabel.  Adapun tahapan yang harus dilakukan dalam rekrutmen kepala sekolah adalah: (a) pengusulan calon oleh kepala sekolah/madrasah dan/atau pengawas sekolah/madrasah, (b) seleksi administratif, (c) seleksi akademik. Namun dalam prosesnya di lapangan, tahapan rekrutmen tersebut sering kali diabaikan dan nyaris tidak dilakukan dan bahkan diduga kuat ditukangi oleh kepentingan politik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar Prabu Mangkunegara, (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Baihaqi, B., Khairuddin, K., & Husen, M. (2012). Sistem Rekrutmen, Seleksi Dan Penempatan Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri Pada Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 1(1).
E. Mulyasa, (2009) Manajemen Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Husaini Usman, dkk. (2011). Buku Kerja Kepala Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan PSDMP dan PMP Kementrian Pendidikan Nasional.
Mulyono, (2009). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah atau Madrasah
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah.
Rohiat, (2008). Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Refika Aditama,
Sadili Samsudin, (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.
Sastrohadiwiryo, B. Siswanto, (2005). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrasi dan operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahjosumidjo, (2005) Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Wahyudi, (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
Wasitohadi. (2009). Evaluasi Implementasi Kebijakan Rekrutmen Kepala Sekolah SD Negeri di Kota Salatiga (Tinjauan dari Sudut Penerapan Paradigma Baru Pendidikan).
Published
2019-12-07
How to Cite
Kurniawan, A. (2019, December 7). JABATAN KEPALA SEKOLAH; ANTARA JABATAN ADMINISTRASI ATAU JABATAN POLITIK. Jurnal Al Mabhats, 4(2), 147-164. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/al-mabhats/article/view/479