EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM MATRIKULASI BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS IAIN LHOKSEUMAWE

  • erlida wati iain lhokseumawe
  • syukran syukran
Keywords: Keywords: Evaluasi, program, Matrikulasi, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bahasa asing mahasiswa IAIN Lhokseumawe melalui pelaksanan program matrikulasi bahasa arab dan bahasa inggris dan 

 meningkatkan kualitas berbahasa  bagi mahasiswa baru yang menjadi peserta dalam program matrikulasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang mendeskripsikan fenome-fenome yang terjadi dilapangan. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan kuisioner. Tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi, display dan verifikasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; 1). program matrikulasi bahasa arab dan bahasa inggris telah membuka wawasan mahasiswa untuk lebih termotivasi dalam mempempelajari kedua bahasa asing tersebut karena dengan memiliki kemampuan berbahasa akan membuat mereka mudah untuk memperoleh peluang-peluang secara internasional baik dalam dunia kerja maupun kejenjang pendidikan selanjutnya yang tidak terlepas dari motivasi yang tinggi dari diri mereka sendiri. 2). Program matrikulasi ini adalah sebuah peluang untuk menyetarakan kompetensi dan pengembangan bahasa asing terhadap mahasisswa  IAIN Lhokseumawe.  Bagi mahasiswa yang mampu mengguasai bahasa arab dan bahasa inggris akan bertahan dalam ranah pendidikan mereka. Selanjutnya mahasiswa yang yang ikut program matrikulasi memiliki kemampuan yang heterogen karena dari latar belakang pendidikan berbeda-beda seharusnya ada placement test agar mereka bisa ditempatkan sesuai dengan kemampuan. Hasil angket menunjukkan bahwa program matrikulasi bahasa arab dan bahasa inggris  telah terlaksana .dengan baik dan tertib

 

Keywords: Evaluasi, program, Matrikulasi, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Anshor, Ahmad Muhtadi. 2009. Pengajaran Bahasa Asing Media dan Metode – Metodeny. Yogyakarta : Teras
Arikunto, Suharsimi. 1988. Penilaian Program Pendidikan, Cet Ke-1. Jakarta, PT Bina Aksara
Browsing, www. Evaluasipendidikan.blogspot.com, diakses pada tanggal 04 Juni 2017
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kedua, Cet Ke-3, Jakarta : Balai Pusaka
Finda Yusuf Tayib Nafis.2000. Evaluasi Program, (Jakarta; Rineka Cipta,
Hidayat, Reza “Apa Itu Martikulasi” dalam, http:// theasiantekno. Blogspot.co.id 2017/05/martikulasi; html 04 Juni 2017. Pukul 01.30 WIB
http://belmawa.ristekdikti.go.id/dev/wp-content/uploads/2015/11/POB-ADik-3T-2014.pdf. Diakses pada hari Selasa, Tanggal 19 September 2017. Pukul 10.42 WIB
J.D Woods, Curriculum Evaluation Models: Practical Applications for Teachers. Australian Journal of Teacher Education, 13(1). http:dx.doi.org/10.14221/atje.1988v13n2 diakses melalui http://ro.ecu.edu.au/cgi/viewcontent.cgi?article=1143&context=ajte diakses pada hari Minggu, Tanggal 24 September 2017 pukul 4.11 WIB
Munthe, Ashiong P. Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat”, dalam jurnal Scholaria, Vol. 5, No.2, Mei 2015: 1-15
Nafis, Finda Yusuf Tayib.2000. Evaluasi Program. Jakarta:Rineka Cipta
Nuha, Ulin. 2012. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Asing. Yogyakarta: Diva Press
Sugiono, 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif kualitatif dan R&D, Bnadung: Alfabeta
Wijani, Noval Ardy. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan Tata Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi.Yogyakarta : Ar-Ruzz
Published
2021-09-16
How to Cite
wati, erlida, & syukran, syukran. (2021, September 16). EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM MATRIKULASI BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS IAIN LHOKSEUMAWE. Jurnal Al Mabhats, 6(1), 87-114. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/al-mabhats/article/view/1364