KONSEP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Syarboini Syarboini
Keywords: Peningkatan Mutu, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, maka kita harus memperhatikan mengenai beberapa komponen yang dapat mempengaruhi pembelajaran, Komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut:, Siswa dan Guru, Kurikulum, Sarana dan prasarana pendidikan, Pengelolaan sekolah, meliputi pengelolaan kelas, guru, siswa, sarana dan prasarana, peningkatan tata tertib dan kepemimpinan, Pengelolaan proses pembelajaran, meliputi penampilan guru, penguasaan materi, serta penggunaan strategi pembelajaran, Pengelolaan dana dan Evaluasi Guru merupakan salah satu komponen yang memegang peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan, karena itu kualitas seorang guru khususnya para guru pendidikan agama islam tersebut harus ditingkatkan. Sumber daya manusia Indonesia masih tergolong rendah, hal ini dikarenakan oleh pendidikan nasional yang kurang memenuhi standart

Downloads

Download data is not yet available.

References

Undang-Undang SISDIKNAS Bab II Pasal 3, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, 2003

Sanusi Uwes, Manajemen Pengembangan Mutu Dosen, Jakarta: Logos Wacana Ilmu,1999

Tony Bush dan Mariannecoleman, Leadership dan Strategic Management InEducation Manajemen Strategis Kepemimpinan Pendidikan, terj. Fahrurrozi, Yogyakarta: IRCISOD, 2006

Husaini Usman, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara,2006

Aan Komariah dan Cepi Triatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara,2005

Imam Tholhah dan Ahmad Barizi, Membuka Jendela Pendidikan, Mengurai Tradisi Integrasi Keilmuan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004

Nurkolis, Manajemen Berbasis Sekolah, Teori, Model, dan Aplikasi, Jakarta: Grasindo,2003

Martinis Yamin dan Maisah, Manajemen Pembelajaran Kelas Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada,2009

Hamzah B. Uno, Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara,2008

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya,2005

Abdul Ranchman Shaleh, Madrasah Dan Pendidikan Anak Bangsa, Visi, Misi, Dan Aksi, Jakarta: Raja Grafindo Persada,2004

Nazarudin, Manajemen Pembelajaran, Implementasi Konsep, Karakteristik Dan Metodologi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Jogjakarta: Teras,2007

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya,2008

Sudarwan Danim, Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2006

Ngalim Purwanto, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Mutiara, 1984

Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemah, Jakarta: Depag, 1989
Published
2021-07-06
How to Cite
Syarboini, S. (2021, July 6). KONSEP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Al Mabhats, 6(1), 67-85. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/al-mabhats/article/view/1332