Peranan Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam
Abstract
Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan utama di berbagai lembaga pendidikan. Pendidikan Agama Islam sebagai penangkal kerusakan moral masyarakat dengan membentuk akhlak dan moral masyarakat berdasarkan ajaran Agama Islam. Pendidikan Agama Islam selalu dihadirkan pada setiap jenjang Pendidikan baik dari tingkat dasar sampai Perguruan Tinggi. Peranan Perguruan Tinggi dalam mengembangkan Pendidikan Islam lebih penting lagi sehingga para ilmuan atau cendikiawan yang di hasilkan Perguruan Tinggi menghasilkan ilmuan dan cendikiawan Muslim yang memiliki falsafah pada Ketuhanan Yang Maha Esa. Pengembangan Pendidikan Agama Islam yang dilaksankan Perguruan Tinggi melalui SK Mendiknas No.232/U/2000 dan No.045/U/2002 memperlihatkan terjadinya restrukturisasi pada Perguruan Tinggi untuk Pendidikan Agama Islam, dengan menjadikan Pendidikana Agama Islam sebagai Matakuliaah Pengembangan Kemandirian (MPK).
Downloads
References
Ahmadi,Ideologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Ahmadi, Abu dan uhbiyati, Nur, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: RinekaCipata, 1991.
Dirjen Perguruan Tinggi Agama Islam. Buku Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum, Depag. RI, 1988.
Muhaimin.Nuansa Baru Pendidikan Islam.Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2001.
________. Paradigma Pendidikan Islam.Bandung: PT Remaja rodaskaraya, 2006.
________,Rekonstruksi Pendidikan Islam, dari Paradigma Pengembangan,Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran. Jakarta:Rajawali Press, 2009.
Majid, Abdul dan Andayani, Dian.Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Roqib,Moh. Ilmu Pendidikan Islam.Yogyakarta: LkiS, 2009.