Etnis Jawa dalam Memori Kolektif Konflik GAM dan upaya Peacekeeping di Aceh

  • joelisman syah Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: memori kolektif, konflik GAM, MoU Helsinki, etnis jawa

Abstract

Memori kolektif merupakan sekumpulan ingatan yang diakui dan disahkan oleh keadaan sosial tertentu, misalnya dalam kasus konflik Aceh, ingatan konflik tentang peristiwa atau kejadian selama konflik yang terjadi di masa lalu dibenarkan pada masa sekarang oleh sosial masyarakat yang mengetahui dan mengalami konflik secara langsung dan meneruskan pada generasi berikutnya melalui sebuah media. Media tersebut dapat berupa gambar, bangunan dan cerita dari mulut ke mulut, penelitian ini bertujuan mengurai fungsi dari memori kolektik konflik Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dalam upaya Peacekeeping di Aceh yang telah terajut pada tahun 2005 silam melalui Mediasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang sumber datanya diperoleh dari hasil wawancara informan yang merasakan dan memiliki ingatan konflik, kemudian untuk menjelaskan tentang memori kolektif, menggunankan teori Maurice Halbwach dan Aleida Assman. Dari hasil penelitian memori kolektif konflik GAM pada masyarakat Aceh berperan dalam menjaga MoU yang telah dirajut antara GAM dan Pemerintah Pusat, hal tersebut didukung oleh masyrakat Aceh secara umum yang telah mampu memaknai konflik sebagai refleksi dari masa lalu dan mengimplementasikannya sesuai dengan konteks masa kini yang mengangap ingatan konflik sebagai bahan pembelajaran untuk generasi Aceh yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku dan Jurnal
Azwad, Ridwan, dkk., (2008) Aceh Bumi Iskandar Muda, Banda Aceh: Pemprov. Nanggroe Aceh Darusalam
Badruzzaman, dkk., (2018) Ensiklopedia Budaya Adat Aceh, Banda Aceh: Majelis Adat Aceh.
Halbwachs, La memoire Collective, Alban Michael, Paris, 1997, diterjemahkan oleh Lewis A. Coser, (1992) dalam bahsa inggris On Collective Memory: The university of Chicago Press, London..
Ishak, Otto Syamsudin, (2001) Dari Maaf ke Panik Aceh: Sebuah Sketsa Sosiologi-Politik, Jakarta : Lembaga Studi Pers dan Pembangunan.
Muchsin, Misri A., (2007) Potret Aceh dalam Bingkai Sejarah, Banda Aceh: AR-RANIRY PRESS.
Nazaruddin, M., Dimensi Pembentuk Kesadaran Identitas KeAcehan dan Citra Diri Aceh, dalam Jurnal Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, Fakultas Ilmu Sosialdan Ilmu Politik, Vol. 27, Nomor. 1, Januari 2014.
Sawitri, Isna, Amran Zamzami, dkk., (1998)Panitia Peduli Aceh), Simak dan Selamatkan Aceh, Jakarta: PT. Bina Rena Perwira.
Published
2021-07-05
How to Cite
syah, joelisman. (2021, July 5). Etnis Jawa dalam Memori Kolektif Konflik GAM dan upaya Peacekeeping di Aceh. Jurnal Al Mabhats, 6(1), 1-19. Retrieved from https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/al-mabhats/article/view/1084