PERSEPSI PELAKU USAHA MIKRO DALAM MEMILIH PRODUK MURABAHAH BANK ACEH SYARIAH DI KOTA LHOKSEUMAWE

  • Musrizal Musrizal Universitas Al-Muslim
  • Mukhlis Mukhlis Universitas Al-Muslim
  • Nova Nova Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Fatimah Zuhra Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
Keywords: Perception, Education, Experience, Culture, Murabaha

Abstract

This study aims to determine the perceptions of micro-entrepreneurs towards Bank Aceh Syariah murabahah products in Lhokseumawe City. This research was conducted using quantitative descriptive research methods. The population is all micro business actors in the city of Lhokseumawe, amounting to 1,782. The sample in this study were 178 respondents. Primary data collection was carried out using a google form questionnaire which was distributed through the WhatsApp group covering four districts. The perception of business actors towards Murabahah Bank Aceh Syariah is good. This can be seen from the behavior of business actors / respondent behavior which is influenced by the faktor of education level, most of them are undergraduate, Islamic culture factors, experience factors and percentage of profit from the original price. A stimulus from knowledge will produce a perception as a feedback from the stimulus.The results of this study found that business actors use the services of aceh sharia bank with murabahah products based on the agreed profit margin which is lower than conventional bank interest.

 

Keywords: Perception, Education, Experience, Culture, Murabaha.

 

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengentahui persepsi pelaku usaha mikro terhadap produk murabahah Bank Aceh Syariah di Kota Lhokseumawe. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah seluruh pelaku usaha mikro Kota Lhokseumawe yang berjumlah 1.782. Sampel dalam penelitian ini adalah 178 responden. Pengumpulan data primer dilakukan dengan kuesioner google form yang disebarkan melalui group whatsapp yang meliputi empat kecamatan. Persepsi pelaku usaha terhadap Murabahah Bank Aceh Syariah adalah baik. Hal ini dapat terlihat dari perilaku pelaku usaha/ perilaku responden yang dipengaruhi oleh faktor tingkat pendidikan sebagian besar strata satu/ S1, faktor budaya islam, faktor pengalaman serta faktor persentase keuntungan dari harga asal. Stimulus dari pengetahuan akan menghasilkan persepsi sebagai umpan balik dari stimulus tersebut. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pelaku usaha menggunakan jasa bank aceh syariah dengan produk murabahah tersebut berdasarkan margin keuntungan yang disepakati lebih rendah daripada bunga bank konvensional.

 

Kata kunci: Persepsi, Pendidikan, Pengalaman, Budaya, Murabahah.

References

Ahmad. K.A.K., Hassan, R. Dan Idris, F., (2017) Influence Of Financial Literacy On Financial Satisfaction With Financial Behavior As Moderating Variable. Asian Journal Of Technical Vocational Education And Training (AJTVET) Vol. 2, Mac 2017

Ali, Muhammad, 2004. Belajar Adalah Suatu Perubahan Perilaku, Akibat Interaksi Dengan Lingkungannya.

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Badan Pusat Statistik Kota Lhokseumawe (2020). Lhokseumawe Dalam Angka. Diakses dari https://lhokseumawekota.bps.go.id

Djamil, Fathurrahman. 2012. Penerapan Hukum Perjanjian dalam Transaksi di Lembaga Keuangan Syariah, Sinar Grafika, Jakarta.

Hartatwati, “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kinerja Social, Kinerja Lingkungan Dan Komite Audit Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII) Periode Tahun 2014-2016”, Vol 8, No 2. 2017.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta: Salemba Humanika.

Knoers dan Haditomo. 1999. Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagian. Cetakan Ke-12, Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Kusumawati, A. 2013. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan”. Jurnal Administrasi Bisnis.

Mahliza, et, al. 2012. “Pengaruh Pengetahuan Pemilik, Manfaat Yang Dirasakan, Dukungan Pemerintah, Dan Dorongan Eksternal Terhadap Pengadopsian E-Commerce Berbasis Media Social”.

Mirawati, 2017. “Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Dan Persepsi Control Keperilakuan, Terhadap Niat Siswa SMK Di Kota Denpasar Untuk Menjadi Wirausaha”, E-Jurnal Manajemen, Vol 6. No, 4, 2017.

Murtini, 2011. “Biaya Keagenan Dan Mekanisme Corporate Governance Pada Rasio Pembayaran Dividen”, Jurnal Dinamika Akuntansi, Vol. 3, No. 2, September 2011.

Ni Putu Widantari Suandana, Ketut Rahyuda, N. N. K. Y. (2016) “Pengaruh Pengalaman Membeli Produk Fashion Terhadap Niat Membeli Kembali Melalui Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan”.

Noorthaibah, Rozak, “Relasi Islam Dan Budaya Local Di Kalimantan Timur: Persepsi Tokoh Masyarakat Mengenai Islam Nusantara”, Jurnal Kawistara, Vol, 10. No. 1, 2020

Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millennium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta

Rahayuningsih, et al. 2014. “Pengaruh Kondisi Keuangan, Reputasi Auditor, Disclosure, dan Opini Audit Tahun Sebelumnya pada Pengungkapan Opini Audit Going Concern”.

Supyana, 2016. “Persepsi Masyarakat Terhadap Pembangunan PLTU Di Desa Ujungnegoro Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang (Kajian Tingkat Pendidikan)”. Journal Unnes, Vol 13, No 2, 2016.

Wijayani, E.D. dan Januarti, Indira, 2011. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perusahaan Di Indonesia Melakukan Auditor Switching” SNA XIV 2011, Aceh.

Wiroso, 2005. Penghimpunan Dana dan Distribusi Hasil Usaha Bank Syariah. Jakarta: PT Grafindo.

Yustiani, 2014. “Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu Rumah Tangga Dengan Persepsi Penggunaan Alat KB di Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu”, E-JIP BIOL Vol 2, No 2. 2014.
Published
2020-12-07
How to Cite
Musrizal, M., Mukhlis, M., Nova, N., & Zuhra, F. (2020, December 7). PERSEPSI PELAKU USAHA MIKRO DALAM MEMILIH PRODUK MURABAHAH BANK ACEH SYARIAH DI KOTA LHOKSEUMAWE. J-ISCAN: Journal of Islamic Accounting Research, 2(2), 126-135. https://doi.org/https://doi.org/10.52490/j-iscan.v2i2.934