TABUNGAN EMAS PEGADAIAN SYARIAH DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH (STUDI NASABAH PEGADAIAN SYARIAH TAKENGON)

  • Nurhikmah Nurhikmah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Lhokseumawe
  • Ismaulina Ismaulina Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Lhokseumawe
Keywords: Gold Savings, Customer Interest, Location, Service Quality, Knowledge, Administrative Costs

Abstract

The purpose of this study explains the influence of customer knowledge, service quality, location, administrative costs and transparency of customer interest in choosing the Islamic Pegadaian Gold Savings Account in Takengon. And to find out the factors of the five management variables above simultaneously influence the Interest of Customers in Choosing Takengon Sharia Pegadaian Gold Savings. This quantitative study uses multiple regression analysis techniques. The results of the study, found the value of t-count Customer Knowledge (X1), Service Quality (X2), Location (X3) and Transparency (X5) is greater than t-table where the value of t-counts are respectively (2.862> 1.989 ); (3,191> 1,989); (5,282> 1,989) and (3,536> 1,989) as well as significant to the Customer's Interest in Choosing Takengon Sharia Pawnshop Gold Savings. It can be concluded that Ha is accepted and H0 is rejected. But for Administration Costs (X4), although the t-value obtained is also greater than the t-table but the value is negative (-2,701> 1,989). This means that the negative effect of administrative costs on customer interest in Choosing the Islamic Pegadaian Gold Savings in Takengon is in the opposite direction. In other words, if the administrative costs increase, the interest of customers in choosing sharia pawnshop gold savings in takengon decreases. Vice versa. Furthermore, simultaneously F-count> F-table = (24.227> 2.32), it can be concluded receiving Ha. This means that the variables of Customer Knowledge, Service Quality, Location and Price simultaneously have a positive and significant impact on Customer Interest in Choosing Sharia Pegadaian Gold Savings in Takengon.

Keywords: Gold Savings, Customer Interest, Location, Service Quality, Knowledge, Administrative Costs

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini menjelaskan pengaruh pengetahuan nasabah, kualitas layanan, lokasi, biaya administrasi dan transparansi minat nasabah dalam memilih Tabungan Emas Pegadaian Syariah di Takengon.  Dan untuk mengetahui faktor-faktor dari  kelima variabel manajemen diatas secara simultan berpengaruh terhadap Minat Nasabah dalam Memilih Tabungan Emas Pegadaian Syariah Takengon. Penelitian kuantitatif ini menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian, ditemukan nilai t-hitung Pengetahuan Pelanggan(X1), Kualitas Layanan(X2), Lokasi(X3)  dan Transparansi(X5)  lebih besar dari t-tabel  yang mana nilai t-hitungnya secara berturut-turut adalah (2,862 > 1,989); (3,191 > 1,989); (5,282 > 1,989) dan (3,536 > 1,989) serta signifikan terhadap Minat nasabah dalam Memilih Tabungan Emas Pegadaian Syariah Takengon.  Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Namun untuk Biaya Administrasi (X4), walaupun nilai t-hitung yang diperoleh juga lebih besar dibandingkan t-tabel tetapi nilainya negatif (-2,701> 1,989). Artinya pengaruh negative yang diberikan biaya administrasi terhadap Minat nasabah dalam Memilih Tabungan Emas Pegadaian Syariah di Takengon berlawanan arah. Dengan kata lain jika biaya Administrasinya meningkat maka minat pelanggan dalam memilih tabungan emas pegadaian syariah di takengon menurun. Begitu sebaliknya. Selanjutnya secara simultan  F-count > F-table= (24.227 > 2.32), dapat disimpulkan menerima Ha. Artinya variabel Pengetahuan Pelanggan, Kualitas Layanan, Lokasi dan Harga secara simultan pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Pelanggan dalam Memilih Tabungan Emas Pegadaian Syariah di Takengon.

Kata kunci:    Tabungan Emas, Minat Nasabah, Lokasi, Kualitas Pelayanan, Pengetahuan, Biaya Administrasi

References

Abdilbar, Abu. 2012. Hukum Gadai dan Gadai sawah, diakses pada 22 Mei 2012,

Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa, Edisi Revisi cet 12, Bandung: Alfabeta.

Alwi. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Alzairi, Abu Bakar Jabir. 2011. Mimhajul Muslim Konsep Hidup Ideal dalam Islam, Jakarta: darul Haq.

Anshori, Abdul Ghofur. 2006. Gadai Syariah di Indonesia, Jakarta: Gadjah Mada Press.

Habiburrahman dan Yulia Rahmawati. 2012 Mengenal Pegadaian Syariah, Jakarta: Kuwait, 2012.

Hindrayani, Aniek. 2010. Manajemen Operasi. Yogyakarta: Pohon Cahaya.

Notoadmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nugraha, Galih Adi. Ketertatikan Sosal Orang Asing tentang Minat Tinggal di Kota Solo. Jurnal Ilmian Berkala Psikologi.

Rafik, Ahmad, Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli. Jurnal. Widya Cipta.

Rahmanaurrasjid, Amin. 2008 Akuntabilitas Dan Transparansi dalam pertanggungjawabanPemerintah Daerah Untuk Mewujudkan Pemerintahan Yang Baik di Daerah (Studi diKabupaten Kebumen), Tesis Magister Ilmu Hukum, Semarang: Universitass Diponegoro.

Rukmanasari, Feti. 2017. Pengaruh Pengetahuan, Promosi dan kualitas pelayanan terhadap Minat Nasabah Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah (Studi Kasus Pegadaian Syariah Majapahit Semarang), skripsi dipublikasikan. Jurusan perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga.

Shaleh, Abdul Rahman dan Muhibb Abdul Wahab. 2004. Spikologi Dalam Suatu Pengantar (Dalam Perspektif Islam), Jakarta: Kencana,.

Suryani, Ilham. 2018. Pengaruh Kualitas pelayanan terhadap Minat Nasabah untuk Menabung Emas pada PT pegadaian Syariah Cabang Setia Budi Medan. Skripsi Dipublikasikan, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Tim Sahih Departemen Agama. 1991. Al-qur’an dan Tafsirnya, Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf.

Tjiptono, Fandi. 2007. Manajemen Operasional, Malang: Bayumedia Publishing.

Tjiptono, Fandi. 2012. Strategi Pemasaran.Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2020-10-16
How to Cite
Nurhikmah, N., & Ismaulina, I. (2020, October 16). TABUNGAN EMAS PEGADAIAN SYARIAH DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH (STUDI NASABAH PEGADAIAN SYARIAH TAKENGON). AT-TIJARAH: Jurnal Penelitian Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2(1), 1-11. https://doi.org/https://doi.org/10.52490/at-tijarah.v2i1.855