ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PREFERENSI MAHASISWA MENABUNG DI PERBANKAN SYARIAH
Abstract
The development of the Islamic economy began to attract the world's attention through the systems and principles and concepts of Islamic banking which are often referred to as the Islamic Banking System. This study aims to analyze the effect of the level of trust, knowledge, and the level of banking services on the preferences of students of the Islamic Economics and Business Faculty of IAIN Lhokseumawe on saving in Islamic banking. The research was conducted using quantitative methods. Sampling using the Slovin formula involving 67 students as respondents. The results of data processing with multiple linear regression testing concluded that the t test for the level of trust (X1) and service (X3) had no effect on students 'saving preferences, while Knowledge (X2) partially had a positive and significant effect on students' saving preferences. Furthermore, the simultaneous test for the three variables above does not have a positive and significant effect on student saving preferences, this is as seen in the F test table.
References
Amalia, Nur, 2019, Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Terhadap Preferensi Ibu-Ibu Pada Kehalalan Vaksin Imunisasi Rubella Didukuh Ploro Desa Sumurgenuk Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan, Skripsi: UIN Sunam Ampel Surabaya.
Ascarya, 2012, Akad Dan Produk Bank Syariah, Cet. 5, Jakarta: Raja Grafindo.
Arikunto, Suharmi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Cet. XIII, Jakarta: Rineka Cipta.
Budi Utomo, Setiawan, 2016, Perbankan Syariah, Cet.1, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Doddy Ariefianto, Moch, 2012, Ekonometrika: Esensi dan Aplikasi dengan Menggunakan Eviews, Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Faishol, Luthfi, 2016 Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Menabung Mahasiswa Santri di Perbankan Syariah, FEBI di Ponegoro Semarang.
Ghozali, Imam, 2005, Aplikasianalisis multivariate dengan program SPSS Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Harahap, Artikel, Http://.Kbbi Daring Edisi, Di Aksess Pada Tanggal 09 Janaari 2020.
http://KBBI Daring Edisi, 09 janaari 2020.
Http://.Kepercayaan Konsumen Terhadap Suatu Produk Atau Jasa.Com, Di Akses Pada Tangga 09 Januari 2020.
Http//Pengertian Preferensi.Com, Di Akses Pada Tanggal 12 Februari 2020.
Http://.Kepercayaan Konsumen Terhadap Suatu Produk Atau Jasa.Com, Di Akses Pada Tangga 09 Januari 2020.
Https://Dailysocial.Id/Post/Membangun-Kepercayaan-Konsumen-Di-Era-Digital, di Akses Pada Tanggal 10 Januari 2020.
Http://Mymakalahseptian.Blogspot.Com/2018/02/Standar-Pelayanan-Bank-Syariah.Html , Di Akses Pada Tanggal 09 Januari 2020.
Http://Mymakalahseptian.Blogspot.Com/2018/02/Standar-Pelayanan-Bank-Syariah.Html, Di Akses Pada Tanggal 10 Januari 2020.
Https://Www.Hestanto.Web.Id/Proses-Keputusan-Pembelian/, 09 Januari 2020.
http:// Anwar Hidayat, cara hitung rumus slovin besar sampel.Com, diakses pada Tanggal 10 Januari 2020.
Huda, Nurul. 2016. Analisi Yang Mempengaruhi Minat Pedagang Non Muslim Terhadap Menabung Pada Bank Syariah, Skripsi Stain Malikussaleh-Lhokseumawe.
J Setiadi, Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, Jakarta Prenada Demia Group.
Kementrian Agama RI, 2002, Al-quran dan terjemahan, (Jakarta: Darus Sunnah,), ayat. 278.
Makplus, Om, Http//Pengertian Pelayanan.Com, Di Akses Pada Tanggal 14 Februari 2020.
Maratussoleha, 2019, Analisis Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Mahasiswa Santri Pondok Pesantren Nurul Hakim Menabung Di Perbankan Syariah, Skripsi UIN Mataram.
Muhammad, 2018, Manajemen Bank Syariah, Cet. II, Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Nasir, M. 1999, Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Putro Widoyoko, Eko, 2014, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rosyid, Maskur Dan Halimatu Saidiah, 2016, Pengetahuan Perbankan Syariah Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Menabung Santri Dan Guru, Jurnal: Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah (STES) Islamic Village.
Rahmazani, Mira, 2019, analisis kualitas pelayanan karyawan tehadap minat nasabah mengambil pembiayaan pada baitul qiradh, Skripsi IAIN Lhokseumawe.
Rozalinda, 2016, Fikih Ekonomi Syariah, Cet 1, Jakarta: Rajawali Pers.
Soemitra, Andri, 2009, bank dan lembaga keuangan syariah, Jakarta: Kencana.
Sarmini, Sri, 2018, Preferensi Nasabah Terhadap Produk Pembiayaan Murabahah Pada Lembaga Keuangan, Skripsi IAIN Surakarta.
Sumarwan, Ujang, 2011, Perilaku Konsumen, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sunartii Dkk, 2016, Pengaruh Faktor Psikologi Terhadap Keputusan Pembeli, Jurnal Fakultas Ilmu Dministrasi Universitas Brawijaya Malang.
Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Manajemen, Cet. VI, Bandung: Alfabeta.
Siregar, Syofian, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Spss, Cet. 1, Jakarta: Kencana.
Suliyanto, 2011, Ekonometrika Terapanː Teori & Aplikasi dengan SPSS, Yogyakartaː Andi.
Tjiptono, Fandy, 2008, Service Manajement: Mewujudkan Layanan Prima, Cet. 1, Yogyakarta: Andi Offset
Taufik, 2016, Pengaruh Pembiayaan BUMG Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Miskin Dalam Perpektif
Ekonomi Islam (Studi Kasus Gampong Matang Baroh Kecamatan Lapang Kabupateh Aceh Utara), Skripsi, Stain Malikussaleh Lhokseumawe.
Teguh, Muhammad, 1997, Metodelogi Penelitian Ekonomi, Teori dan Aplikasi, Cet. I, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Warman A Karim, Adi, 2013, Bank Islam: Analisis Islam dan Keuangan, Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Wahyu Dini, Aprilia, 2007, Analisis Preferensi Nasabah Bank Syariahdi Kota Surakarta, Skripsi Universitas Sebelas Maret.
Wirata, Made, 2006, Metodelogi Penelitian Sosial Ekonomi, Yogyakarta: Andi Offset.
Yopi Sumara, Ahmad, 2017, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Muslim Untuk Memilih Bank Konvensional, Skripsi: UIN Sunan Kalijaga.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.