DAMPAK GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI (STUDI KASUS GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DESA PANGGOI MUARA DUA KOTA LHOKSEUMAWE)

  • Mutia Sari IAIN Lhokseumawe

Abstract

Pengaruh gadget terhadap perkembangan sosial sangatlah banyak, anak-anak yang terlalu fokus terhadap gadget mereka akan mengabaikan dunia nyata, mereka lebih memilih benda mati yaitu gadget daripada bermain dengan teman-temannya atau sekedar bercanda dengan orangtua mereka. Dalam penelitian ini terdapat empat rumusan masalah, yaitu: dampak positif gadget bagi perkembangan sosial anak usia 3-6 tahun, dampak negatif gadget bagi perkembangan sosial anak usia 3-6 tahun, faktor yang menyebabkan anak usia 3-6 tahun kecanduan terhadap gadget, dan cara orangtua mengatasi anak usia 3-6 tahun yang ketergantungan terhadap gadget. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) dampak positif dari gadget bagi perkembangan sosial anak usia 3-6 tahun, 2) dampak negatif dari gadget bagi perkembangan sosial anak usia 3-6 tahun, 3) faktor yang menyebabkan anak usia dini 3-6 tahun kecanduan dengan gadget, dan 4) cara orangtua mengatasi anak usia 3-6 tahun yang ketergantungan terhadap gadget. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gadget tidak memiliki dampak positif terhadap  perkembangan sosial anak. Dampak negatif gadget terlihat pada kesehatan maupun pada interaksi sosial. Faktor yang menyebabkan anak usia dini kecanduan gadget adalah faktor kesenangan dan faktor menarik yang ada di gadget. Cara orang tua mengatasi anak agar tidak ketergantungan terhadap gadget dengan cara memberikan mainan yang nyata dan membatasi anak untuk bermain gadget.  

 

Kata Kunci: Gadget; Perkembangan Sosial;  Anak Usia Dini

Published
2019-12-28
Section
Articles