PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PENILAIAN DI SMA NEGERI 1 SYAMTALIRA ARON

  • Marzuki Hasan SMA Negeri 1 Syamtalira Aron, Kab. Aceh Utara
Keywords: Supervisi Akademik, Kompetensi Guru, Administrasi Penilaian

Abstract

Assessment administration is very important and influential to improve the quality of learning so as to produce quality education. But the reality in the field from the observations of the researchers during their tenure as headmaster at Syamtalira Aron 1 Public High School shows that the teacher is still not competent in preparing the administration of the assessment of learning well. The purpose of this study was to improve teacher competency in SMA Negeri 1 Syamtalia Aron in preparing assessment administration through academic supervision in 2017. The subjects of this study were teachers of SMA Negeri 1 Syamtalira Aron as many as 20 teachers. Data collection techniques from school action research are observations through qualitative data. In the school action research (PTS) this was done in 2 cycles, each cycle consisted of planning, implementing, observing, and reflecting. From the results of the actions taken, it has been proven that it can improve teacher competencies in formulating assessment administration by achieving ideal standards. In the first cycle the overall average score was only 3.8 and in the second cycle it reached 4.75 with the total value of the average increase was 0.77 and in the first cycle the overall percentage was only 76% and in the second cycle it reached 91.4% so that the total percentage increase reached 15.4%. This shows that the improvement efforts made by researchers in cycle II brought changes. So it can be concluded that the competence of teachers in SMA 1 Syamtalira Aron in compiling administrative assessments can be increased through academic supervision in 2017.

 

Administrasi penilaian sangatlah penting dan berpengaruh untuk peningkatan kualitas pembelajaran sehingga menghasilkan pendidikan yang bermutu. Namun kenyataan dilapangan dari hasil observasi peneliti selama menjabat kepala sekolah di SMA Negeri 1 Syamtalira Aron menunjukkan guru masih belum kompeten dalam menyusun administrasi penilaian pembelajaran dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru di SMA Negeri 1 Syamtalia Aron dalam menyusun administrasi penilaian melalui supervisi akademik tahun 2017. Subjek penelitian ini adalah guru-guru SMA Negeri 1 Syamtalira Aron sebanyak 20 orang guru. Teknik pengumpulan data dari penelitian tindakan sekolah ini adalah observasi melalui data kualitatif. Dalam penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun administrasi penilaian dengan mencapai standar ideal. Pada siklus I total nilai rata-rata keseluruhan hanya 3,8 dan pada siklus II mencapai 4,75 dengan total nilai peningkatan rata-rata adalah 0,77 dan pada siklus I persentase keseluruhan hanya 76% dan pada siklus II mencapai 91,4% sehingga total peningkatan persentase mencapai 15,4%.  Ini menunjukan usaha perbaikan yang dilakukan peneliti pada siklus II membawa perubahan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru di SMA Negeri 1 Syamtalira Aron dalam menyusun administrasi penilaian dapat ditingkatkan melalui supervisi akademik tahun 2017

References

Agus Wibowo dan Hamrin. 2012. Menjadi Guru Berkarakter : Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Buchari Alma. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:Alfabeta.
Daryanto. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2005. Undang-Undang RI No. 14 Th. 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.
Iwah Wahyudi. 2012. Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru. Jakarta : Prestasi Pustaka Raya.
Janawi. 2012. Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
Jalaluddin, Noor. 1978. Pengertian Guru. Jakarta.
Kunandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press
Ngainun Naim. 2013. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Purwanto, Ngalim. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Standar Nasional Pendidikan Bab VI pasal 28 Ayat 1.
S. Nasution. 2009. Dedaktik Asas – asas Mengajar. Bandung: Jemmars.
Sahertian, Piet A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Umar Fahruddin, Asef. 2012. Menjadi Guru Faforit. Jogjakarta : DIVA Press.
Wiji suwarno. 2009. Dasar – Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz media group.
Published
2018-12-10
How to Cite
Hasan, M. (2018, December 10). PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PENILAIAN DI SMA NEGERI 1 SYAMTALIRA ARON. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 9(2), 17-36. Retrieved from http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/224