PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMKN 1 SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM

  • Rahmi Rahmi SMK Negeri 1 Simpang Kiri
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Komunikasi Matematis, Self Efficacy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Keefektivitas Bahan Ajar berbasis massalah yang dikembangkan; 2) Peningkatan kemampuan Komunikasi matematis siswa SMKN 1 Simpang Kiri dengan menggunakan bahan ajar berbasis massalah yang dikembangkan; 3) Peningkatan self efficacy siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis massalah yang dikembangkan; dan 4) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan bahan ajar berbasis masalah dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua mengujicobakan bahan ajar berbasis masalah yang dikembangkan di kelas XII SMKN 1 Simpang Kiri. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh 1) Bahan Ajar berbasis masalah yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) aktivitas aktif siswa dalam batas toleransi yang telah ditetapkan; c) respon siswa terhadap komponen-komponen bahan ajar dan kegiatan pembelajaran positif; 2) Peningkatan kemampuan Komunikasi matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis masalah yang dikembangkan; 3) Peningkatan self efficacy siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis masalahyang dikembangkan; dan 4) proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I.

References

Akker, V. D. 2007. An Introductional to Educational Design Research, Proceeding of seminar conducted at the East China Nornal University, Shanghai (PR China) November 23-26.

Ansari, Bansu I. 2012. Komunikasi Matematik dan Politik. Suatu Perbandingan Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh
Arends, R. I. 1997. Classroom Instruction and Management. New York, Mc Graw-Hill Companies, Inc.
____________ 2008. Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Jilid Dua. (diterjemahkan oleh Soedjipto, Helly, P. dan Soedjipto, Sri, M.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Bandung, Bumi Aksara

Arsyad, A. 2000. Media Pengajaran, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Bandura, A. 1995. Self Efficacy in Changing Societies. Cambridge: Cambridge University Press. (www.gobooke.com)

__________ 1997. Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman and Company.

__________2006. Self Efficacy. Cambridge: Cambridge University Press. Bisa diunduh di www.gobooke.com.

Bergeson Terry. 2000 . Using Research to Shift From the “Yesterday” Mind to the “Tomorrow” Mind. State Superintendent of Public Instruction

Dahar, R. W. 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Hadi, S. 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya, Banjarmasin: Tulip

Hamalik, O. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit Bumi Aksara.

Hasratuddin. 2013. Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika, Paradikma Vo. 6 Nomor 2. Desember 2013. ISSN 1978-8002
Honiatri, Euis. 2010. Mengaplikasikan Ketrampilan Dasar Komunikasi.Bandung. CV Armico
Ibrahim, M dan Nur, M. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya, Unesa-University Press.

Joyce, B. & Marsha W. 1996. Models og Teaching,Fifth Edition. USA:Allyn and Bracon A Simon & Scuster Company.

Khabibah. 2006. Pengembangan Model pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Surabaya: Disertasi. Tidak dipubliksikan. Doktoral Universitas Negeri Surabaya.

Mudhofir. 1987. Teknologi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa.E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung.

National Council of Teachers of Mathematics. 1991. Professional Standar for Teaching Mathematics. Reston, VA : NCTM.

NCTM. 2000. Principles And Standards For School Mathematics, online.from wikipedia, the free encyclopedia

Nieveen, N. 1999. Prototyping to reach product quality. In Jan Van den Akker, R.M Branch, K. Gustafson, N. Nieveen, & Tj. Plomp. Design approaches and tools in education and training. Dordrecht, The Netherlands: Kluwer Academic Publisher.

______,2007. An Introductional to Educational Design Research, Proceeding of seminar conducted at the East China Nornal University, Shanghai (PR China)

Notwendig, K.R. 2010. Effective Comunication Skill. Studenttensupport. De.

Nur, M. 2008. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah (PSMS) Unesa.

Pajares, F. 1997. Current Direction in Self-efficacy Research. Greenwich, CT: JAI Press

Pehkonen Erkki, dkk. 2013. On Teaching Problem Solving In School Mathematics. vol.3. no4 . 9. c e p s journal

Rahayu, E.S dan Nurata, I.M. 2013. Pembelajaran Masa Kini. Sekarmita. Training and Publishing. Jakarta.
Permendiknas. 2007. No. 41

Permendiknas. 2006. No. 22

Rini, H.P. 2013. Self Efficacy Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal online psikologi.vol. 01 no. 01
Rusman.2010.Model-model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru.Bandung:Rajawali Pers.

Samiadji. 2012. Penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN Jemurwonosari II/525. Surabaya

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Schunk, D.H. (1981). “Modelling and Attributional Effect on Children Achievement: A Self-Efficacy Analysis”. Journal of Educational Psychology. 73, 93-105.

Sinaga, B. 1999. Efektivitas Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) pada kelas 1 SMU dengan Bahan Kajian Fungsi Kuadrat. Tesis. Tidak dipublikasikan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.

_________ 2007. Pengembangan Model pembelajaran matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBMB3). Disertasi. Tidak dipublikasikan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.

Siswono, T. 1999. Metode Pemberian Tugas Pengajuan Soal (problem Posing) dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Perbandingan di MTsN Rungkut Surabaya. Tesis. Tidak dipublikasikan. Surabaya: PPS Universitas Negeri Surabaya.

Slavin, R. E. 1994. Educational Psychology, Theories and Practice. Fourth Edition. Masschusetts: Allyn and Bacon Publishers.

Soedjadi. 1994. Memantapkan Matematika Sekolah Sebagai Wawasan Pendidikan dan Pembudayaan Penalaran, (Media Pendidikan Matematika Nasional), N0. 4 Th.3, Surabaya, IKIP Surabaya.

Suhadi. 2007. Petunjuk Perangkat pembelajaran, Surakarta : Universitas

Suherman, E., dkk., (2001), Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, JICA, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung.

Suparno, Paul. (1997). Filsafat konstruktivis dalam pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Syah, M. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya

TIMSS. (1999). International versions of the background questionnaires. TIMSS International Study Center: boston College, Chestnut Hill, MA, June 1999.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Turmudi. 2010. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta : PT. Leuser Cita Pustaka.

Usman, U. 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. PT Rosda Karya. Bandung.

Ward, Hellen. 2010. Pengajaran Sains berdasarkan Cara kerja Otak. Jakarta

Wheatley, Grayson H (1991). Mathematics Learning. Journal Constructivist Perspective on Science and of Science Education, New York: John Wiley and Sons Publishers. 75 (1): 9-12.
Published
2018-12-10
How to Cite
Rahmi, R. (2018, December 10). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMKN 1 SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 9(2), 179-193. Retrieved from http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/223