Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Termokimia Melalui Metode Problem Solving pada MAN Lhokseumawe

  • Nurlaila Nurlaila MAN Lhokseumawe
Keywords: Hasil belajar, Kimia, Metode Problem solving, Termokimia

Abstract

Pembelajaran melalui metode problem solving merupakan pembelajaran yang menekankan pada adanya aktivitas  dan interaksi  diantara  siswa untuk  saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Pembelajaran Kimia khususnya pada Termokimia merupakan materi  yang sulit bagi siswa  hal ini dilihat  dari hasil ulangan siswa  yang masih rendah. Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Kimia pada materi Termokimia  melalui metode problem solving pada MAN Lhokseumawe .  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya  adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa  kelas XI IPA MAN Lhokseumawe. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasi-hasil yang dicapai pada setiap siklus dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian pada akhir siklus II ketuntasan belajar siswa juga ada peningkatan sebesar 63,33% dari kondisi awal, Sehingga sebagian besar siswa kelas XI-IPA MAN Lhokseumawe mengalami peningkatan hasil belajar Kimia pada materi proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode problem solving dalam pembelajaran dapat meningkatkan Hasil belajar Kimia pada materi Termokimia

References

Ardiansyah, 2008. Dunia Waralaba, Jakarta: PT Gramedia Grafindo Persada.
Chaplin, J. P. (2009). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka
Cipta
Haling. 2004. Belajar Pembelajaran (Suatu Ringkasan).Makassar: Jurusan Kurikulum dan
Teknologi Pendidikan FIP UNM.
Oemar Hamalik, Proes Belajar Mengajar, Jakarta : 2001 : Bumi Aksara
Purba, Michael (2004).Kimia SMA 2A,Jakarta: Erlangga
Wiriaatmadja, Richiati. 2008.Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT. Remaja
Rosdakarya Offset
Published
2018-12-10
How to Cite
Nurlaila, N. (2018, December 10). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Termokimia Melalui Metode Problem Solving pada MAN Lhokseumawe. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 9(2), 47-60. Retrieved from http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/216