Produktivitas Penerapan Total Quality Management

  • Fauzan Ahmad Siregar
Keywords: Produktivitas, Manajemen Mutu Terpadu

Abstract

Tujuan utama manajemen adalah produktivitas dan kepuasan. Produktivitas itu sendiri dipengaruhi perkembangan bahan –raw material-, teknologi, dan kinerja manusia. Konsep TQM dikembangkan pertama kali untuk bidang Industri/ bisnis. TQM dikenal juga dengan pendekatan MMT atau strategi untuk merealisasikan visi dan misi organisasi, dengan meningkatkan efektivitas dan produktivitas dalam upaya memenangkan persaingan yang semakin ketat. Produktivitas dalam penerapan TQM selaras dengan prinsip-prinsip berikut, yaitu (1) tanggung jawab utama management puncak (kepala sekolah, yayasan); (2) mutu harus di fokuskan pada murid dan evaluasinya harus berbasis kepentingan pendidikan; (3) desain proses pendidikan dan metode pembelajaran harus jelas untuk mencapai kesesuaian mutu kurikulum; (4) setiap tenaga pendidik dan kependidikan bertanggung jawab atas tercapainya mutu pengajaran yang baik; (5) mutu harus menjadi prioritas acuan dalam perencanaan tidak boleh di nilai setelah menjadi barang jadi, tetapi harus sejak awal. (sejak membuat komponen); (6) identifikasi masalah dengan pemecahan secara cepat; (7) lembaga pendidikan berusaha keras (strive) dalam melaksanakan perbaikan mutu produk secara terus menerus; (8) jalinan kerja sama dengan stakeholder dalam pelaksanaan TQM.

The main objectives of management are productivity and satisfaction. Productivity itself is influenced by material-material development, technology, and human performance. The TQM concept was developed for the first time in the Industrial / business field. TQM is also known as the MMT approach or a strategy to realize the organization's vision and mission, by increasing effectiveness and productivity in an effort to win increasingly fierce competition. Productivity in the application of TQM is in line with the following principles, (1) the main responsibilities of top management (principals, foundations); (2) quality must be focused on students and evaluation must be based on educational interests; (3) the design of the educational process and learning methods must be clear to achieve conformity to curriculum quality; (4) every educator and education staff is responsible for achieving good quality teaching; (5) quality must be a reference priority in planning should not be valued after becoming finished goods, but must be from the beginning. (since making components); (6) identification of problems with rapid solutions; (7) educational institutions strive (strive) in carrying out continuous product quality improvements; (8) links with stakeholders in implementing TQM.

Published
2018-12-10