Desain Kurikulum IAIN Lhokseumawe (Studi Analisis Mata Kuliah: Filsafat Manajemen Jurusan Manajemen Pendidikan Islam)

  • Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo
Keywords: Kurikulum, Filsafat Manajemen

Abstract

Kompleksitas permasalahan pendidikan tinggi akibat kerumitan memahami filsafat, untuk itu perlu sebuah desain kurikulum yang membuat mahasiswa faham dan bijak menyikapi ilmu yang dipelajari. Penelitian ini membahas pengembangan kurikulum jurusan Manajemen Pendidikan Islam pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan IAIN Lhokseumawe yang juga merupakan bentuk implementasi kebijakan pemerintah melalui revisi kurikulum KKNI. Mengingat peran fundamental ilmu filsafat, maka perlu kajian mendalam dalam kajian manajemen sehingga lahirlah mata kuliah Filsafat Manajemen sebagai salah satu bagian implementasi kurikulum KKNI pada jurusan MPI di IAIN Lhokseumawe. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan data dikumpulkan melalui hasil observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh Filsafat manajemen memberikan pengertian tentang hubungan positif antara kepercayaan dengan praktek. Praktek manajemen yang dilandasi kepercayaan akan nilai agama adalah yang paling efektif dan mengakar. Melalui pemahaman yang komprehensif antara pemikiran filosofis dengan praktek manajemen mampu menciptakan harmonisasi kerja dan peningkatan ukhuwah antar individu dalam sebuah organisasi pendidikan. Kompetensi dalam mengkonstruk pemikiran menjadi hal kongkrit yang dipraktekan dalam pola manajerial dapat dilakukan dengan tahap berikut (1) mengidentifikasi masalah; (2) internalisasi nilai keislaman dalam pengambilan keputusan; (3) pelaksanaan manajemen dengan pendekatan filosofis tentang orientasi keumatan; dan (4) pengembangan kompetensi menghadapi tantangan masa depan.

Education problems are very complex because the manager doesn't understand about philosophy bring about fault in managing of education instituion. Therefore, need a new design curriculum which makes students understand and wise responded to knowledge have learned. This study aims to the curriculum development of the Islamic Education Management Department at the IAIN Faculty of Teacher Training and Education Lhokseumawe as a form of KKNI curriculum implementation. Accordingly, the importance of philosophy in depth study through management philosophy course. By using the qualitative research the data was collected using observation and interview. From this study finds that management philosophy provided an understanding of the positive relationship between trust and practice. Management practices based on trust in religious values are the most effective and entrenched. Through a comprehensive understanding of philosophical thinking with management practices able to create harmonization of work and increase ukhuwah between individuals in an educational organization. Competence in constructing thinking becomes a concrete thing that is practiced in managerial patterns can be done with the following stages (1) problem identification; (2) internalizing Islamic values in decision making; (3) implementation of management with a philosophical approach to societal orientation; and (4) competency development faces future challenges.


 

Published
2018-12-10